Kalender

Powered by Dog Scope

Jumat, 16 Januari 2009

ISTILAH-ISTILAH KOMPUTER MULTI MEDIA

JPEG (JPG) : adalah jenis format file gambar di internet, yang dapat menampilkan gambar / photo dengan kualitas 16.7 juta warna (24 bit colour).

MEDIA PLAYER : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video AVI dan MPG. Dikembangkan oleh Microsoft Corp., http://www.windowsmedia.com/

MOV : adalah jenis format file video Quicktime Movie yang dikembangkan oleh Apple Computer Inc.. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.

MP3 : adalah jenis format file suara yang memiliki tingkat kompresi suara yang baik, dimana file suara sebesar 60 MB dapat dikompresi hingga 4 MB saja, tetapi tidak meninggalkan kulitas suara yang dihasilkan. Digunakan untuk file-file musik yang dapat di-download di internet.

MP4 : adalah jenis format file suara yang memiliki tingkat kompresi suara yang baik, dimana file suara sebesar 60 MB dapat dikompresi hingga 2 MB saja, tetapi tidak meninggalkan kulitas suara yang dihasilkan. Digunakan untuk file-file musik yang dapat di-download di internet.

MPEG (MPG) : adalah jenis format file video yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang sangat baik.

MPEG4 : adalah jenis format file video yang memiliki tingkat kompresi video yang baik, dimana file video yang besar dapat dikompresi hingga ukuran yang dapat di-download di internet, tetapi kualitas gambar dan suaranya juga dikorbankan.

OBJECT 3D : adalah obyek-obyek seperti pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditampilkan secara visual tiga dimensi pada webbrowser dengan bantuan Plugin tertentu.

QUICK TIME : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video QuickTime Movie. Dikembangkan oleh Apple Computer, Inc., http://www.quicktime.com

REAL PLAYER : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file suara RealAudio dan format file video RealVideo. Dikembangkan oleh RealNetworks, http://www.real.com

SCRIPT : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.

SHOCKWAVE : adalah jenis program multimedia dan animasi, gambar dan suara yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc., untuk digunakan pada webpages, sehingga dapat ditampilkan di internet. Dengan bantuan Plugin tertentu.

UNZIP : sebuah program untuk menguraikan data-data yang ada di dalam paket data (*.ZIP) ke sebuah directory.

WEB BROWSER : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.

WEBCAM : adalah sebuah kamera kecil yang digunakan untuk mengambil gambar / beberapa gambar (video) dari user internet yang berada di depan komputer / internet device.

WEB DESIGNER : seorang yang bertanggungjawab untuk menyusun layout dan membuat grafik yang ditampilkan di dalam situs web.

WEB DEVELOPER : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat program-program interaksi yang terdapat dalam sebuah situs web.

WEBMASTER : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.

WEB PAGE : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.

WEBSITE : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.

ZIP : sebuah program untuk membuat paket data yang berisi beberapa data. Program ini akan menghasilkan file *.ZIP. Program ini sudah ada dalam versi windows juga, contohnya WINZIP 7.0.

FREEWARE: Aplikasi yang penggunaannya dapat dilakukan secara bebas, tidak terbatas oleh waktu dan biasanya ditujukan untuk penggunaan personal dan bukan komersial.

OPEN SOURCE: Piranti lunak yang diperbolehkan untuk melakukan modifikasi, pengembangan lanjut dan pendistribusian secara bebas

GIF - Graphics Interchange Format. Sebuah format standar untuk file grafis (image) terkompresi. File GIF menggunakan teknik kompresi non-lossy sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada image yang tidak terlalu kompleks dengan jumlah warna yang sedikit. Untuk image yang lebih kompleks, biasanya digunakan format JPEG.

JPEG - Joint Photographic Experts Group. Format file gambar (image) yang dikompresi dengan metode lossy. Format ini cocok diterapkan pada file image yang kompleks dengan jumlah warna yang banyak.

KOMPRESI - Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu. Ada dua jenis metode kompresi, yaitu non-lossy dan lossy. Kompresi yang bersifat non-lossy tidak menghilangkan informasi-informasi dalam file asli sehingga cocok diterapkan untuk file dokumen. Sebaliknya, metode lossy menghilangkan informasi yang dianggap tidak signifikan. Biasanya teknik ini diterapkan pada file multimedia berukuran besar, misalnya pada format file JPEG (image), MPEG (video) dan MP3 (audio)

MIDI - Musical Instrument Digital Interface. Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus.

MP3 - MPEG LAYER 3. Sebuah format rekaman audio digital terkompresi. Format MP3 disusun berdasarkan algoritma yang dikembangkan oleh Karlheinz Brandenburg dari Universitas Fraunhover, Jerman. Teknologi ini memungkinkan format rekaman audio digital dengan kualitas mendekati CD memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga dapat didistribusikan dan di-download via internet.


MPEG - Motion Picture Expert Group. Sebuah nama populer untuk format file multimedia terkompresi. Pada mulanya MPEG digunakan untuk kompresi data audio-video pada VCD, namun belakangan dikembangkan menjadi format MP3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar